أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله

Rabu, 30 Oktober 2013

Pilihan Anda Cermin Diri Anda.


Sobat, dalam banyak kesempatan anda berhadapan dengan dua pilihan atau bahkan lebih. Saat itu, anda harus memilih dan tidak bisa menghindar atau menggabungkannya. Pada kondisi seperti ini sering kali anda bingung dan kesusahan untuk menjatuhkan pilihan. Namun demikian, apapun akhirnya pilihan anda, maka sejatinya pilihan itu adalah cerminan dari diri anda.
Bila anda memilih untuk mengedepankan urusan akhirat walau harus merugi dalam urusan dunia, maka itu bukti nyata bahwa anda beriman dan benar-benar hamba Allah.
Namun sebaliknya, bila ternyata anda lebih mengedepankan kepentingan dunia, dan mengabaikan urusan akhirat maka itu juga cerminan bahwa dunia lebih dominan alias menguasai jiwa anda, alias sebagai budak dunia.
Sebagai contoh ketika anda memilih pasangan hidup asal kaya dan pandai cari uang, walau tidak sholat atau bahkan beda agama, maka itu bukti nyata bahwa anda budak dunia.
Sebaliknya bila anda lebih lebih memilih yang sholeh walau pas-pasan, maka itu bukti nyata bagi pengorbanan anda untuk urusan agama dan iman anda.
Demikian pula ketika anda menggunakan hak suara dalam pilkada atau pemilu umu, atau pemimpin negara. Bila anda memilih yang pandai mengatur dunia namun kafir, atau rusak agamanya, maka itu bukti anda masih terbelenggu oleh dunia.
Namun bila anda memilih yang muslim taat walau kurang pandai atau mungkin juga kurang disenangi oleh para ekonom atau media masa, sehingga terus dipojokkan pemberitaannya, maka itu bukti anda benar benar lebih cinta kepada agama anda dibanding dunia anda.
Simaklah firman Allah berikut:
 قُلْ إِن كَانَ آبَاؤُكُمْ وَأَبْنَاؤُكُمْ وَإِخْوَانُكُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَالٌ اقْتَرَفْتُمُوهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسَاكِنُ تَرْضَوْنَهَا أَحَبَّ إِلَيْكُم مِّنَ اللهِ وَرَسُولِهِ وَجِهَادٍ فِي سَبِيلِهِ فَتَرَبَّصُوا حَتَّىٰ يَأْتِيَ اللهُ بِأَمْرِهِ وَاللهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ
Katakan jikalau kalian lebih senang kepada ayah, anak, saudara, istri, keluarga kalian, harta kekayaan yang kalian dapatkan, dan perdagangan yang kalian kawatirkan merugi, dan juga rumah tinggal yang kalian banggakan dibanding allah, Rasul-Nya dan berjuang di jalan Allah, maka nantikanlah hingga Allah mendatangkan keputusan-Nya ( siksa-Nya). Dan Allah tiada memberi petunjuk kepada orang-orang fasik. (At Taubah 24)
Penulis : Ust .M.Gojin Al-Bantani