أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله

Sabtu, 01 Juni 2013

2 Alasan aku bersyukur menjadi Guru



Artikel ini kami dedikasikan untuk semua guru agar lebih semangat, pantang menyerah dan lebih ikhlas dalam mendidik,kiranya  ada manfaatnya bagi kita,aamiin.
1.Q.S Al-Mujadalah Ayat 11
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
Artinya: Wahai orang-orang yang beriman apabila dikatakan kepadamu berilah kelapangan didalam majlis-majlis, maka lapangkanlah,niscaya Allah akan memberikan kelapangan untukmu dan apabila dikatakan, berdirilah kamu maka berdirilah,niscaya Allah akan mengangkat(derajat) orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat,dan Allah maha teliti apa yang kamu kerjakan.
2. Hadist Nabi Muhammad SAW yang berarti “jika anak adam (manusia) mati (meninggal dunia) maka terputuslah semua amalnya kecuali 3 perkara: (1). Sodaqoh jariyah,(2).Ilmu yang bermanfaat, (3)anak soleh yang selalu mendoakan kedua orang tuanya.

Dari ke 2 dasar diatas kiranya kita lebih termotivasi untuk menjadi seorang Guru (pendidik) yang lebih semangat, pantang menyerah dan lebih ikhlas lagi dalam mendidik. Karena sorang guru adalah orang yang memiliki ilmu sesuai dengan bidangnya msing-masing apalagi sekarang ini Guru minimal strata1(S1)  janji Allah SWT kepada orang-orang yang mempunyai Ilmu sangat jelas dan Allah tidak pernah berdusta akan janjinya.Orang berilmu akan diangkat derajatnya dengan beberapa derajat.
Bukti Allah SWT mengangkat derajat orang-orang yang berilmu biasanya dimasyarakat orang itu dihormati dan disegani juga terkadang ditunjuk menjadi seorang pemimpin/imam.Bukti lain mungkin dari segi materi dijaman sekarang profesi guru al-hamdulillah terjamin apalagi bagi yang bsrstatus PNS atau   orang yang sudah memiliki srtifikasi.
Guru jika mengajar dan  yang diberi pelajaran berhasil  atau melakukan kebaikan-kebaikan maka  pahala akan terus mengalir walaupun seorang guru telah tiada(wafat) Namanya akan harum dan dikenang oleh orang-orang yang mengambil manfaat darinya.Profesi Guru memiliki nilai ganda DUNIAWI dan UKHROWI.