أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله

Sabtu, 03 November 2012

Hormat kepada orang yang lebih tua

Dari Annas bin Malik ra.Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya Allah SWT diwaktu pagi dan sore hari melihat wajah orang yang sudah tua dan Allah SWT berkata : hai hambaku telah tua umurmu, keriput kulitmu, lemah tulangmu, dan telah dekat ajalmu maka malulah kepadaku karena aku juga malu untuk memberi siksa padamu".



Al- Kisah:
Suatu hari Ali ra pergi ke mesjid dengan tergesa-gesa untuk melakukan shalat subuh berjamaah bersama Rasulullah SAW, ditengah perjalanan Ali ra bertemu dengan orang yang sudah tua renta sedang berjalan santai dan gontai,maka Ali ra pun tidak berani mendahuluinya, setelah orang tua itu sampai di pintu Masjid, orang tua itu tidak masuk mesjid, Ali ra baru tahu bahwa ternyata orang tua itu adalah Nasrani. Ali ra pun langsung masuk Masjid dan Rasulullah  dalam keadaan ruku yang sangat lama sehingga Ali ra pun masih sempat melakukan berjama'ah. Setelah selesai shalat para sahabat bertanya kepada Rasulullah. Wahai rasulullah SAW tidak biasanya engkau melakukan ruku selama itu? kata sahabat. Rasulpun menjawab : pada saat aku akan bangun dari ruku kedua tadi, datanglah Malaikat jibril dan langsung melatakan sayapnya diatas pundaku sehingga aku sulit bangun dari ruku, setelah Ali ra datang dan ikut berjama'ah maka Malaikat jibrilpun pergi dan aku dapat bangun dari ruku.

Hikmah kisah ini
1. Allah selalu melihat dan mengingatkan hamba-hambanya agar bersiap-siap dalam menghadapi kehidupan yang kekal (akhirat ) terutama bagi yang telah lanjut usia
2. Hendaknya kita menghormati yang lebih tua, seperti Ali ra yang menghormati orang tua walaupun orang tersebut Nasrani, sehingga Ali ra pun diberi penghormatan dengan diberi kesempatan untuk shalat berjama'ah bersama Nabi Muhammad SAW. 
Wa Allahu a'lam bissowab