أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله

Jumat, 02 November 2012

Kasih Sayang

" Dari Abdullah bin Umar ra. berkata. Rasulullah SAW bersabda :" Orang-orang yang memiliki sifat kasih sayang maka Allah SWT akan menyayangi.Sayangilah apa yang ada dibumi maka apa yang ada dilangit akan menyayangimu".
Al-Kisah:
        Suatu hari, ketika Umar ra sedang berjalan beliau melihat anak kecil sedang mempermainkan seekor burung pipit, burung itu diikat kakinya lalu diterbangkan keatas kemudian burung itu ditarik lagi dengan tali yang diikat tadi. Karena kasihan melihat burung yang dipermainkan, Umar ra pun membeli dan melepaskan burung itu sehingga burung itu bebas.
          Setelah kematian Umar ra, para ulama pun bermimpi bertemu dengan Umar ra,kemudian para ulama pun bertanya kepada Umar tentang apa yang terjadi dengannya. Ulama : "Apa yang Allah SWT Lakukan terhadapmu?" Umar ra: "Allah SWT mengampuniku". Ulama : " Apa yang menyebabkan kau diampuni, dengan kedermawananmu / dengan keadilanmu / sebab kesungguh-sungguhan/ kehati-hatian mu dalam beribadah?". Umar ra. : " Ketika kalian memasukanku dalam Qubur, menutupiku dengan tanah dan meninggalkanku seorang diri, datanglah dua malaikat menghampiriku, aku sangat ketakutan dan bergetar seluruh tubuhku, mereka berdua mendudukanku tetapi ketika mereka berdua (malaikat ) mau bertanya kepadaku seluruh perbuatan yang aku lakukan selama hidup, tiba-tiba ada suara yang memerintahkan kedua malaikat itu untuk meninggalkanku dan jangan membuat takut aku dan suara itu berkata " aku telah mengampuninya karena dia sewaktu didunia menyayangi seekor burung pipit"  Wa Allahu a'lam.